Rabu, 17 September 2014

komunikasi efektif

Assalamualaikum wr wb,
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan salah satu yang harus ditingkatkan adalah bidang komunikasi , komunikasi yang berlangsung dengan baik dapat diasumsikan bilamana pemberi informasi memberikan pesan dan pesan itu ditangkap oleh pendengar dan pendengar mampu memahami informasi tersebut.
Tujuan komunikasi efektif adalah untuk mendapatkan informasi yang cukup agar:
A.      Dokter
1.       Mengetahui penyebab timbulnya penyakit
2.       Mampu membuat diagnosis
3.       Mampu melakukan perencanaan dan tindakan lanjutan ( jika diperlukan )
4.       Agar terapi komprehensif dapat terjadi ( kesembuhan tanpa meninggalkan bekas )
5.       Agar dapat bekerja sama
B.      Pasien
6.       Pasien mengetahui tentang kondisi kesehatannya
7.       Pasien memahami dampak yang menjadi konsekuensi dari penyakit yang dideritanya
8.       Agar dapat bekerja sama
Dalam mencapai tujuan (dapat berkomunikasi efektif ) maka seseorang harus memiliki dasar-dasar (modal ) yang ia kuasai yakni :
a.       Memiliki sikap hormat kepada lawan bicara
b.      Memiliki sikap empati (mampu mambayangkan diri kita berada di posisi pendengar )
c.       Mampu membuat Informasi yang dapat didengar (audible )
d.      Mampu merangkum pesan yand ingin disampaikan dengan jelas
e.      Memiliki sikap rendah hati
Bila kita tidak memiliki dasar-dasar tersebut maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan kita sehingga dasar-dasar tersebut dapat terpenuhi yakni:
1.       Pengembangan sikap humanistic (integritas diri, rasa hormat, simpati-empati), tanggung jawab, kemampuan belajar seumur hidup
2.       Keterampilan intrapersonal ( mampu membaca diri sendiri )
3.       Keterampilan interpersonal (mampu membaca orang lain )
Bila kita sudah memiliki dasar-dasar komunikasi efektif maka ada langkah-langkah dalam mengimplementasikannya yakni:
1.       Salam ( agar tercipta suasana positif )
2.       Ajak bicara (agar dapat memperoleh informasi )
3.       Jelaskan (agar informasi dapat dimengerti )
4.       Ingatkan  (agar dapat mengingat point-point penting dari informasi yang disampaikan )
Selain itu ada juga teknik-teknik yang perlu diperhatikan yakni :
1.       Memberikan perhatian ( informasi dapat dipahami )
2.       Membuka dialog (agar mendapatkan informasi secara efisien )
3.       Mencari solusi

4.       Menyimpulkan hasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar