Selasa, 30 Juni 2015

Interpretasi Darah Lengkap

Pemeriksaan darah lengkap adalah salah satu pemeriksaan yang tidak asing lagi. Pemeriksaan ini cukup banyak dilakukan dan berguna untuk mengevaluasi anemia, leukemia, reaksi inflamasi dan infeksi, karakteristik sel darah perifer, tingkat hidrasi dan dehidrasi, polisitemia, penyakit hemolitik, ataupun menentukan perlu atau tidaknya kemoterapi. Hal yang terpenting dari hasil laporan adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengetahui apa yang terjadi bila nilai yang diperoleh normal ataupun abnormal.
            Pemeriksaan darah lengkap meliputi pemeriksaan eritrosit, leukosit, trombosit, MCV, MCH, MCHC, hemoglobin, hematokrit, serta Laju Endap Darah. Pada laporan hasil lab akan disediakan nilai-nilai normal dari masing-masing komponen. Pada pemeriksaan Hb bila nilainya rendah, dapat menandakan anemia, lupus eritematosus, leukemia , konsumsi antikanker, rifampisin, sulfanamid. Hb tinggi dapat terjadi pada kondisi luka bakar, gagal jantung, polisitemia, namun dapat juga merupakan proses fisiologis pada penduduk pegunungan.

            Nilai MCV, MCH, MCHC dapat digunakan untuk menentukan penyebab dan jenis anemia. Nilai hematokrit tinggi  terjadi padapenyakit Addison, luka bakar, DM, polisitemia sedangkan nilai rendah pada kondisi anemia, sirosis hati, gagal jantung. Nilai leukosit meningkat saat terjadi infeksi, sirosis hati, dan dapat rendah pada kondisi AIDS atau anemia aplastik. Dalam persentase leukosit perlu diketahui pergeseran ke kanan (peningkatan MN) atau pergeseran ke kiri (peningkatan PMN) untuk menentukan waktu infeksi.

            Penurunan trombosit dapat terjadi pada kasus anemia, luka bakar, malaria DHF/DBD dan peningkatan trombosit dapat terjadi pada kasus keganasan, sirosis, polisitemia, sehabis berolahraga, penyakit jantung. Peningkatan laju endap darah menandakan adanya infeksi, anemia hemolitik, atau keganasan, serta penurunannya dapat menandakan kegagalan jantung. Dengan mengetahui dampak yang mungkin maka diagnosis yang tepat akan dapat ditegakkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar