Senin, 06 Juli 2015

Bantuan Hidup Dasar

Bantuan hidup dasar merupakan pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang mengalami penurunan kesadaran. Keterampilan ini sebenarnya sangat penting untuk dikuasai semua orang karena kasus kegawatdaruratan dapat terjadi kapan saja. Bagi seorang dokter, keterampilan ini memiliki nilai kompetensi 4,yang berarti keterampilan ini merupakan hal wajib yang harus dikuasai oleh setiap dokter.

            Pada saat seseorang mengalami penurunan kesadaran secara tiba-tiba atau ketika kita melihat seseorang dalam keadaan tidak sadar, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperhatikan keadaan sekitar dan mengutamakan keselamatan pribadi. Lalu pastikan apakah pasien tersebut masih responsive atau tidak dengan memberikan rangsangan nyeri, dan bila pasien tidak responsive dan keadaan sekitar aman, segeralah meminta bantuan masyarakat sekitar atau menghubungi rumah sakit terdekat.

            Langkah-langkah pertolongan pertama adalah menilai tanda-tanda vital pasien terutama denyut nadi dan pernapasan, langkah selanjutnya dari 3 tahap yaitu CAB, yakni Circulation, Airway dan Breathing. Circulation dilakukan jika pasien tidak memiliki denyut nadi, maka segeralah lakukan pijat jantung. Lakukan dengan 30 kompresi dan 2 tiupan napas buatan, kedua hal ini dihitung 1 siklus. Pijat jantung dilakukan pada bagian tengah dada, usahakan dapat melakukan 6 siklus dalam 5 menit, hentikan kompresi bila sudah lelah atau bantuan telah dating.

            Airway dilakukan dengan memperhatikan jalur udara pada pasien. Pada pasien yang mengalami penurunan kesadaran usahakan untuk melancarkan jalan napas dengan melakukan head tilt dan chin lift. Breathing dilakukan dengan mendengarkan suara nafas pasien dan memperhatikan gerakan naik turunnya dada saat bernafas. Bila hal ini tidak terjadi, kemungkinan terdapat sumbatan yang menghalangi pernapasan pasien, gunakan alas tangan untuk membersihkan jalan napas, bila tidak ada sumbatan maka lakukan pernapasan buatan. Bila kesadaran pasien kembali, lakukan recovery position.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar