Senin, 27 Juli 2015

Tata Nama dan Pembagian Kanker

Saat ini kanker adalah penyakit yang cukup banyak menyebabkan kematian di berbagai negara, dan terapi untuk penyakit ini tidak mudah hal ini karena kanker bukanlah hanya satu penyakit namun semua sel atau jaringan yang mengalami gangguan pertumbuhan dan proliferasi yang tidak terkendali disebut kanker, sehingga kanker dapat sangat beragam. Menurut wilis kanker adalah massa abnormal jaringan yang pertumbuhannya berlebihan dan tidak terkoordinasi dengan pertumbuhan normal serta terus demikian walaupun rangsangan yang memicu pertumbuhan telah berhenti.

            Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa kanker merupakan massa abnormal akibat sel terus tumbuh dan membelah walaupun sinyal untuk memicu pertumbuhan dan pembelahan telah berhenti/ sel tidak peka terhadap regulasi pertumbuhan. Pada sel normal bila ada sinyal untuk membelah maka ia akan membelah dan bila sinyal berhenti maka sela akan berhenti membelah/ peka terhadap regulasi pertumbuhan. Karena ketidak pekaan inilah sel akan terus bertambah yang menimbulkan munculnya massa jaringan abnormal yang dapat mengganggu daerah/jaringan disekitarnya.

            Dalam bidang medis ilmu yang mempelajari tentang kanker adalah onkologi, yang berasal dari kata oncos berarti tumor dan  logos berarti ilmu. Berdasarkan ilmu onkologi kanker dibagi menjadi 2 jenis yaitu kanker jinak (benigna) dan kanker ganas (maligna) serta penamaan menggunakan nama sel atau jaringan yang mengalami gangguan atau bentuk dari jaringan yang terbentuk.  Benigna/ kanker jinak biasanya ditandai dengan akhiran –oma, misalnya kanker jinak pada jaringan fibrosa disebut fibroma. Kanker jinak pada kelenjar ataupun kenker jinak pada jaringan tertentu sehingga berbentuk seperti kelenjar disebut adenoma.

            Maligna/ kanker ganas ditandai dengan akhiran –sarkoma. Tata nama pada tumor ganas sama dengan tumor jinak namun akhirannya diganti dengan sarcoma. Walaupun demikian terdapat beberapa pengecualian misalnya pada tumor ganas limfosit yang disebut limfoma. Berdasarkan tata nama tentu saja penamaan tumor tersebut salah, namun karena nama tersebut sudah familiar dikalangan medis maka tidak dilakukan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar