Senin, 27 Juli 2015

Invasi dan Metastasis Sel Kanker

Invasi serta metastasis adalah hal yang ditakutkan dari kanker, hal ini karena dengan kemampuan ini sel kanker dapat merusak jaringan disekitarnya serta dapat menyebar dari suatu tempat ke tempat lain. Umumnya sel kanker dapat bermetastasis melalui jalur pembuluh darah ataupun pembuluh limfe. Kemampuan untuk berinvasi dimiliki baik oleh tumor jinak maupun tumor ganas namun metastasis hanya ditunjukkan oleh tumor ganas.
            Jenjang dalam metastasis ini terbagi menjadi dua fase yakni fase invasi matriks ekstraselular serta penyebaran dan pergerakan sel tumor menuju sasaran melalui pembuluh darah. Invasi matriks ekstraseluler terdiri atas beberapa tahap yaitu terlepasnya sel tumor satu sama lain, melekatnya sel tumor ke komponen matriks, penguraian matriks ekstraseluler, migrasi sel tumor. Terlepasnya sel tumor satu sama lain ini terjadi karena lenyapnya fungsi E-kaderin (lem antarsel).

            Selanjutnya sel tumor akan melekat pada protein matriks ekstraseluler seperti laminin dan fibronektin, dimana sel tumor memiliki lebih banyak reseptor untuk perlekatannya dengan protein MEC tersebut. Selanjutnya sel tumor  ini menghasilkan enzim-enzim proteolitik dan metalloproteinase, yang mana enzim ini dapat mendegradasi membrane basal dan jaringan ikat interstisium, dimana pada fase ini terjadi penguraian kolagen, glikoprotein dan proteoglikan. Degradasi membrane basal ini juga memudahkan sel kanker untuk memasuki pembuluh darah untuk bermetastasis.

            Tahapan selanjutnya dari metastasis adalah sel tumor mengalami intravasasi kedalam pembuluh darah, didalam pembuluh darah sel ini akan berikatan dengan trombosit dan leukosit membentuk emboli. Selanjutnya ditempat yang menghasilkan kemokin sel tumor ini akan berlekatan dengan dinding endotel dan melakukan ekstravasasi. Setelah ekstravasasi sel tumor ini akan menginvasi daerah tersebut sehingga daerah yang sebelumnya tidak terkena kanker menjadi terkena kanker, dan metastasis ini adalah cirri utama dari tumor ganas.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar